Minggu, 27 April 2014

Cara Mengatur Format Waktu Dan Tanggal di Blogger/Blogspot

        Kali ini ane mau berbagi pengalaman ane, pas baru bikin blogspot. Ane gak terlalu memperhatikan pengaturan waktu di blogger. Karena pertama saya pemula, belum tau. Kedua, setelah tau-pun saya pikir tidak terlalu berpengaruh, masalah waktu. Tapi ternyata, di kemudian hari saya mau posting, dan postingannya itu saya maksudkan untuk stock di hari-hari berikutnya. Jadi, saya atur jadwalnya pada jam, hari, tanggal dan tahun tertentu. Maksudnya biar kerjaan enteng. Gak banyak posting, gitu.

        Akhirnya baru saya sadar setelah mengalami tanggal dan waktu tidak muncul pada saat mempublikasikan dua atau lebih postingan pada tanggal yang sama atau hari yang sama. Saya pikir, google bisa keder juga. Mungkin dia bingung sama informasi zona waktu kita. Heuheu.

         Lalu akhirnya saya cek setelan bahasa dan pemformatan. Eh, ternyata bener. Pantes aja google keder, akun saya kan akun Indonesia, zona waktunya harusnya menggunakan zona waktu Jakarta; lah, ini waktunya daerah lain. Saya lupa negara atau wilayah mana waktu itu. Yang jelas, cepat-cepat saya rubah semuanya.

        Nah, buat kalian yang mungkin mengalami hal yang sama seperti saya, bisa mempraktekan langkah berikut ini untuk mengatasinya.

          Sekarang saya contohkan seolah-olah pada zona waktu Nederlans (Belanda).
Langkah-langkah:
1. Masuk dulu ke blogger
2. Pilih blog kalian
3. Kemudian klick setelan, pilih bahasa dan pemformatan
4. Setelah itu tampak menu pengaturan bahasa dan pengaturan waktu, silahkan sesuaikan dengan zona waktu kalian, kemudian simpan setelan
5. Untuk lebih jelasnya, bisa lihat gambar dibawah ini:
 



     
        Mungkin masalah ini terlihat sepele, ya. Namun dampaknya ternyata tidak begitu. Zona Waktu, ternyata sangatlah penting. Mengingat waktu yang akan di tampilkan pada postingan, akan di sesuaikan dengan waktu wilayah yang kalian pilih. Untuk wilayahnya sendiri, setau saya hanya tersedia Jakarta (Indonesia). Setelah beberapa kali saya mencari Bandung, sesuai dengan domisili saya sekarang, tidak ada. Jadi saya rubah waktunya itu dengan wilayah Jakarta.

        Nah, untuk Format Header Tanggal, Format Timestamp dan Format Stempel Waktu Komentar itu mengikuti setelah zona waktunya di rubah. Dan silahkan, sesuaikan dengan keinginan kalian; apakah ingin menampilkan semuanya (jam, tanggal, hari, bulan dan tahun) atau hanya menampilkan sebagian saja. Terserah, itu sesuai selera kalian.

       Oke, itu saja. Demikianlah cerita pengalaman saya, yang saya bagikan, tentang Cara Mengatur Format Waktu Dan Tanggal di Blogger/Blogspot. Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca tulisan lainnya di blog ini, dan tinggalkan komentar. Jika berkenan bisa tukar link blog, dan saling berbagi informasi. Trims
Baca selengkapnya »

0 komentar:

Copyright © Tanggoli Go Blog 2010

Template By NY